Posted by: gaptechnology | 11 October, 2009

Mengenal Telematika

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, kata telematika sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Istilah telematika sendiri diambil dari bahasa Perancis,“telematique” istilah ini untuk pertama kalinya muncul pada tahun 1978 dalam sebuah buku berjudul “L’informatisation de la Societe” karya Simon Nora dan Alain Minc.

Begitu banyak versi dari pengertian telematika, akan tetapi saya dapat menyimpulkan dari berbagai macam versi yang ada bahwa telematika adalah suatu sarana untuk mengkomunikasikan sejumlah informasi secara digital yang dapat menembus batasan geografis dalam waktu yang sangat singkat.

Electronic Commerce Contoh telematika yang mudah dilihat adalah electronic commerce atau dapat disebut perdagangan elektronik. Disebut demikian karena prinsip dasarnya sama dengan perdagangan biasa, hanya saja transaksinya dilakukan melalui media elektronik yaitu internet. Pada electronic commerce, kegiatan mengiklankan produk, melakukan pemesanan dan pengiriman pembayaran dilakukan melalui internet. Dikarenakan electronic commerce dilakukan melalui internet, berarti seluruh dunia dapat mengaksesnya. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat sebab setiap orang dapat melakukan pembelian dan penjualan kepada siapa saja di belahan bumi manapun. Electronic Learning Bentuk lain telematika yaitu electronic learning atau lebih dikenal dengan e-Learning. System ini sudah banyak ditemui dalam dunia maya.

Kini dunia pendidikan telah jauh berkembang akibat adanya globalisasi, dari pembelajaran secara konvensional di dalam kelas kearah yang lebih modern yaitu melalui media internet. System ini dapat tercipta karena telah berkembangnya teknologi telematika sehingga pengajar dan peserta didik dapat melakukan proses belajar dan mengajar melalui internet saja. Mulai dari memberikan tugas, memberikan ujian sampai memberikan nilai dapat dilakukan dalam e-Learning. Hampir seluruh Universitas di Indonesia telah menerapkan e-Learning walaupun belum menjadikannya sebagai sentral dari system pendidikan. Namun bisa jadi beberapa tahun ke depan e-Learning dapat dilegalisasi menjadi suatu system pendidikan yang formal. Electronic Government Hal yang serupa juga terjadi dalam pemerintahan. Kini telah muncul istilah electronic government. Dapat dilihat bahwa kini banyak pemerintah provinsi membuat situs resmi daerahnya dan memberikan pelayanan informasi secara online. Manfaat yang dirasa dari program ini adalah masyarakat dapat menerima pelayanan secara mudah karena aksesnya dapat dilakukan dari mana saja. Namun demikian, kemajuan system informasi ini tidak diikuti dengan sumber daya manusia yang mumpuni. Hal ini tampak dari kurangnya maintenance, sehingga sistem informasi menjadi tidak terawat dan tidak berfungsi secara efisien lagi.

Perkembangan Telematika di Indonesia Seperti yang telah diketahui bahwa telematika pertama kali muncul di Negara Perancis sekitar tahun 1978. Ketika Amerika Serikat memperkenalkan ARPANet ke dunia luas pada tahun 1983, teknologi informasi dan telematika masih sangat terbatas digunakan di Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi, mengingat teknologi informasi baru dikenal di Indonesia pada tahun 1980-an. Namun dalam segala keterbatasan kala itu, sudah cukup membanggakan ketika di Indonesia pada tahun 1983 dibuat sebuah mailing list berbasis unix oleh Johny Moningka dan Jos Lukuhay. Meskipun masyarakat di Indonesia masih belajar mengenai telematika, namun pada tahun tersebut di stasiun televisi TVRI telah ada teleconference yang rutin dilakukan sebulan sekali antara presiden Indonesia masa itu yaitu Soeharto dan para petani yang berada di luar Jakarta. Hingga tahun 1990-an, masyarakat Indonesia telah banyak yang mengenal dan menggunakan teknologi telematika. Kemajuan tersebut dapat dilihat dari jumlah radio amatir yang menjangku hingga ke luar negeri.

Sumber : http://aboutandri.blogspot.com/2005/10/telematika-bukan-sekedar-gaya-hidup.html
http://e-majalah.com/0508sucipto.html


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: